Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau yang menggiurkan - SAZFHI Indonesia

Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau yang menggiurkan

Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau
Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau

SAZFHI Indonesia - Kamu tahu Gonggong? Bagi pecinta makanan tentu tidak asing dengan kuliner satu ini. Ya, Gonggong ialah salah satu seafood yang berasal dari Kepulauan Riau. Bagi yang suka berpergian khususnya ke Kepulauan Riau rasanya belum lengkap jika kamu belum mencicipi kuliner khas satu ini.

Gonggong sendiri adalah jenis siput laut dengan ukuran sedang. Makanan ini begitu digemari wisatawan domestik maupun manca negara karena rasanya yang enak dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Ketika kamu mendengar kata Gonggong mungkin kamu membayangkan hewan berkaki empat yang suka menggonggong kan? tapi ini bukan! Hewan ini sangat jauh berbeda dari yang kamu bayangkan karena Gonggong hidup di laut dan sekilas mirip dengan keong dan termasuk jenis siput laut dengan ukuran sedang yang panjangnya dapat mencapai  7 cm.

Dalam bahasa latin, Gonggong disebut sebagai Strombus Canurium (ganus) dan masih tergabung dalam rumpun molusca.

Ada beberapa jenis Gonggong yang bisa kamu makan. Ada Gonggong ayam yang berwarna hitam dan berukuran kecil, ada Gonggong putih dengan cangkang tebal, ada Gonggong tipis dengan cangkang putih, serta ada Gonggong tebal dengan cangkang berwarna merah. 

Makanan Gonggong Ada di Semua Restoran Seafood

Karena kepopulernya dan menjadi unggulan di Kepualuan Riau, Gonggong banyak dijual di restoran seafood. So, bagi kamu yang penasaran dengan kelezatannya bisa langsung datang saja ke sana atau ke restoran seafood yang menjual kuliner khas satu ini.

Selain rasanya yang enak, hidangan seafood satu ini juga memiliki nilai gizi yang cukup tinggi lho. Dalam 100 gram Gonggong, terdapat 4,1% karbohidrat dengan nilai gizi 1,4 kalori, 31,19 protein dengan nilai gizi 124,8 kalori, dan 24,9% lemak dengan nilai gizi 224,1 kalori (sumber: dinkesbabar.org).

Didalam kandungan gizi tersebut, tak heran jika kuliner Gonggong tersebut menjadi salah satu kuliner yang menjadi primadona di Kepulauan Riau, karena disetiap acara-acara resmi selalu menghidangkan kuliner khas atau di restoran seafood (ternama).
SAZFHI ID
SAZFHI ID Aku tidak akan melakukan sesuatu yang tidak harus dilakukan. Tapi, bila harus dilakukan maka akan segera kuselesaikan.

1 komentar untuk "Gonggong Seafood Khas Kepulauan Riau yang menggiurkan"

  1. Seperti nya enak makanan gonggong, sayangnya blm pernah nyoba sih.

    Mampir mas.

    BalasHapus

Posting Komentar

- Mohon Berkomentar Dengan Wajar.
- Dilarang Menyertakan Link Aktif Maupun Tidak Aktif.
- Dilarang Berkomentar Dengan Unsur Pornografi, Sara, Promosi Dan Hal-Hal Yang Bertentangan Dengan Hukum Yang Berlaku.


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pengurus Blog ini tidak segan segan menghapus Komentar Anda.
Terima Kasih!!