Tips Cara Daftar Publisher Google News Indonesia - SAZFHI Indonesia

Tips Cara Daftar Publisher Google News Indonesia

Google News Indonesia merupakan layanan yang cukup populer sebagai wahana atau media berita dan informasi yang secara otomatis menampilkan berita dan informasi dari berbagai media yang ada di Indonesia termasuk di dalamnya website umum Non-Berita. Dengan Google News Anda dapat mencari dan menemukan berita berdasarkan kebutuhan berdasarkan kata kunci pencarian yang Anda gunakan.


Google News Indonesia

Keberadaan Google News sangat bermanfaat tidak hanya bagi para pembaca berita dan informasi umum lainnya, lebih dari itu Google News juga memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan website yang menjadi publisher Google News. Apabila Anda ingin konten blog kesayangan ditampilkan di laman berita Google News Indonesia, Anda harus mendaftarkan Blog Anda ke Program Google News Publisher Indonesi.



Artikel ini akan membahas Tips agar Blog mudah dan cepat disetujui menjadi Publisher Google News Indonesia. Namun sebelumnya perlua Anda perlu ketahui manfaat dari menjadi Publisher Google News berikut ini:

Blog Beserta Kontennya Lebih Mudah Bersaing dan Muncul di Halaman Pertama Pencarian Google

Blog dengan konten artikel yang unik , informatif dan berkualitas dan dapat dipertaggung jawabkan kebenarannya sangat disukai oleh Team Google News, berpeluang besar dimasukkan dalam daftar Berita Utama. Reputasi Blog anda akan menjadi lebih baik di mata google dan menganggap Blog Anda layak untuk ditampilkan dan berada di posisi 10 besar hasil pencarian Google oleh pengguna .

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk dapat menduduki posisi teratas dalam halaman hasil penelusuran Google tidaklah mudah, apabila bagi Blogger Pemula yang belum mengetahui teknik SEO Blog yang baik dan benar.
Perlu usaha yang sungguh-sunguh dan pantang menyerah dalam optimasi SEO blog di mesin pencari seperti Google. Dengan keberhasilan menjadi Publisher Google News Anda tidak perlu bersusah payah dan mengeluarkan banyak biaya untuk mempelajari Teknik SEO yang sangat kompleks. Hanya dengan mengusahkan konten blog selalu Up to Date Blog anda berpeluang besar di tampilkan di halaman Google News sehingga dapat dengan mudah mendapatkan banyak pengunjung.

Meningkatnya Traffic Pengunjung Blog secara Signifikan

Dengan ditampilkannya konten blog anda di Google News maka akan semakin mudah pengguna menemukan konten blog anda di luar hasil penelusuran. Karena secara otomatis pengguna Android yang menggunakan Aplikasi Google News akan mendapatkan notifikasi mengenai informasi berita atau konten terbaru dari blog yang menjadi Publisher Google News. Belum lagi apabila pembaca merasa puas dengan konten blog Anda yang berkwalitas dan informatif, tidak segan-segan mereka akan memfollow halaman Google News Blog Anda. Sehingga pembaca akan lebih mudah menemukan dan berlangganan update konten terbaru yang dipublikasikan.

Wahana Promosi Branding Yang Efektif

Apabila blog Anda menyugukan dan menawarkan konten yang berkwalitas banya memberikan manfaat bagi pembaca serta informatif, akan memberikan dampak yang sangat positif. Selain pembaca akan lebih sering mengunjungi blog Anda, Blog Anda akan dianggap sebagai sumber informasi yang terpercaya. Hal ini sangat bermanfaat dalam proses membangun brand Blog dimata umum pemaca dan juga mesin pencari seperti Google.

Peluang Mendapatkan Banyak Backlink Gratis dengan Sendirinya

Backlink adalah tautan link yang mengarah dari suatu blog ke blog lain. Peran Backlin dalam meningkatkan performa dan kreadibilitas blog sangatlah besar. Rata-rata konten blog yang sering dan atau mendominasi hasil pencarian Google berasal dari Blog-Blog besar dengan jumlah Backlink Berkwalitas yang banyak.

Konten Blog yang informatif dan banyak memberikan manfaat sangat direkomendasikan oleh Google News, dan akan menjadi sumber referensi bagi blogger lain dengan menautkan link yang mengarah ke halaman blog yang dijadikan sumber referensi konten yang dibuatnya.

Wahana Promosi Blog Geratis yang tidak diragukan Kwalitasnya

Google News merupakan salah satu media yang tepat untuk digunakan sebagai wana promosi blog beserta kontennya secara geratis tanpa dipungut biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi blog seperti menggunakan iklan segai cara untuk mempopulerkan blog Anda. Dengan Google News Anda dapat menarik minat pembaca melalui konten yang disajikan dengan baik, blog anda akan populer, bisa jadi trafiik blog akan naik drastis karena dapat dengan mudah ditemukan oleh jutaan pengguna Google News setiap harinya.


Google News Berbagi Tutorial Online

Tips Agar Blog mudah dan cepat disetujui menjadi Publisher Google News Indonesia. 

Berikut ini beberapa Tips yang dapat Anda terapkan sebelum mulai dan pada saat mendaftarkan Blog ke Program Google News Publisher Indonesia berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Berbagi Tutorial Online Approved Google News

Dimana minggu ini Blog Berbagi Tutorial Online Alhamdulillah dinyatakan Approved menjadi bagian dari Publisher Google News Indonesia:

Buat Konten Yang Berkwalitas dan Informatif

Konten berkwalitas dan informatif yang saya maksudkan disini adalah sebuah konten yang banyak memberikan manfaat kepada orang lain dengan informasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sehingga Google akan beranggapan bahwa konten blog benar-benar layak untuk dijadikan sumber informasi terpercaya. Perhatikan juga cara penulisan konten, hindari menggunakan kata-kata singkatan dan bahasa-bahasa gaul. Gunakan penulisan yang baik dan benar. bahasa baku dengan memperhatikan ejaan bahasa indonesia sesuai EYD.

Hindari Menyalin Konten Orang Lain

Konten hasil plagiat sangat tidak disukai oleh Google, dimana tindakan plagiarism adalah suatu tindakan yang sangat dilarang dan sudah jelas dapat merugikan orang lain. Sebagaimana syarat konten blog yang ditargetkan untuk AdSense , harus memenuhi standar kelayakan tidak boleh berisikan konten hasil salinan. Apabila terbukti sudah pasti blog yang mempublikasikan konten hasil salinan akan ditolak, begitupun juga Google News. Termasuk disini hindari kebiasaan menjiplak postingan artikel blog orang lain degan cara rewrite.

Apabila Anda tertarik membahas topik yang sama, jangan menyalin teks walaupun itu sebagian atau sedikit, buatlah konten dengan kata-kata sendiri agar hasilnya tidak terindikasi plagiarism. Ambil informasi yang anda butuhkan kemudian ungkapkan dalam bentuk tulisan dengan rangkaian kata yang berbeda agar tampak original unique.

Rajin Update Postingan Selama Masa Peninjauan

Salah satu syarat yang harus dipenuhi baik dalam masa peninjauan maupun ketika suatu blog telah disetujui menjadi Publisher Google News adalah selalu uptodate. Banyak informasi beredar bahwa sebenarnya untuk menjadi publisher Google News blog harus memiliki lebih dari satu penulis. Syarat ini tentunya bertujuan untuk memastikan bahwa Blog benar-benar rutin menerbitkan konten setiap harinya. Apabila tidak dilakukan update postingan secara rutin maka lama kelamaan blog beserta kontenya tenggelam tidak akan ditampilkan di halaman Google News. Saya sudah membuktikan bahwa blog yang diajukan Google News tidak harus dikelola dan atau memiliki penulis yang banyak. Blog Berbagi Tutorial Online saya kelola sendirian, untuk update postingan selalu saya usahakan minimal satu hari satu postingan. Namun terkadang saya juga tidak update postingan sama sekali karena kesibukan sehari-hari di dunia nyata.

Gunakan Template yang SEO dan Responsif

Seperti kita ketahui bahwa syarat blog untuk dapat bersaing dengan kompetitor selain dari segi konten yang berkwalitas juga dipengaruhi oleh Tampilan Blog itu sendiri. Blog dengan tampilan halaman yang Responsif dan SEO Friendly akan lebih disukai oleh pembaca dan Google. Saya sendiri menggunakan Template AMP yang sudah dapat dipastikan mengutamakan kecepatan load halaman. Gunakan template yang SEO Friendly dan tidak harus dengan tampilan mirip template Blog berita seperti yang kebanyakan dikatakan oleh Blogger di luar sana. Akan lebih baik Apabila Anda menggunakan Template Premium dan menghindari penggunaan template hasil cloning atau template premium yang dibagikan secara geratis oleh oknum yang tidak bertanggungjawab yang sudah tentu sang pembuat template tidak akan ridho dan rela templatenya dibagikan secara geratis. Bisa saja jika sang Owner Template tidak terima Blog yang sudah payah anda kelola siang malam terkena Take Down.

Berdoa'a dan Yakin Bahwa Kamu Pasti Bisa

Selain usaha dalam bentuk kerja yang nyata, perlu adanya iringan do'a. Sebagai Manusia yang yakin akan adanya Tuhan dan juga bahwasannya segala sesuatu itu Tuhanlah yang mengatur dan memutuskannya. Kita sebagai Manusia hanya wajib berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan masing-masing, namun untuk hasilnya serahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mohon kepadanya melalui doa dalam setiap Anda memulai melakukan aktivitas blogging dan ibadah agar diberi kemudahan dalam mencapai cita-cita yang diinginkan. Yakinlah bahwa segala sesuatu yang dimulai dengan kebaikan dan bertujuan baik akan mendapatkan ridho dari Tuhan dan juga pertolongannya. Jangan mudah menyerah, terus berusaha dan yakin bahwa kamu pasti bisa, kegagalan bukanlah alasan untuk putus ada dan menyerah, melainkan kesuksesan yang tertunda. Ingat guru terbaik adalah pengalaman yang didapat dan terkadang berawal dari kegagalan.

Baca Juga: Cara Daftar Google News untuk Blogger Pemula

Demikianlah uraian singkat tips bagaimana Agar Blog mudah dan cepat disetujui menjadi Publisher Google News Indonesia yang dapat diterapkan sebelum mulai dan pada saat mendaftarkan Blog ke Program Google News. Semoga apa yang saya sampaikan dan menambah wawasan dan memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya. Mohon maaf apabila ada salah kata, atau pembahasan yang kurang tepat, atau bahkan tidak sesuai pada tempatnya. Silahkan tanyakan apabil ada hal-hal yang sulti dipahami, masukkan kritik, argumen dan saran Anda dengan cara berkomentar.

Bagi Anda yang ingin belajar banyak mengenai cara pengelolaan Blog dari awal sampai dengan monetisasi blog silahkan berkunjung ke BerbagiTutorialOnline.Com boleh juga Follow BerbagiTutorialOnline in Google News.  Adanya banyak pembahasan mengenai tata cara pengelolaan Blog berdasarkan pengalaman saya pribadi yang saya abadikan menjadi Tutorial dalam bentuk tulisan.